fbpx

7 Langkah Hebat Membangun Website UMKM yang bagus sangat penting untuk kesuksesan usaha Anda. Sebuah bisnis akan berkembang secara efektif dengan membangunnya melalui website. Rasalogi akan membagikan 7 langkah untuk memulai usaha UMKM melalui sebuah website. 

Berikut 7 Langkah Membangun Website UMKM

 

  1. Cari Nama Domain yang Bagus 

    Nama domain adalah sebuah alamat yang sangat penting dalam sebuah website. Tips mencari nama domain yang bagus, caranya sebagai berikut:

    • Cari nama domain yang mudah dieja. Ini sangat penting untuk sebuah nama domain mudah dieja, agar semua orang mudah untuk melafalkannya.
    • Cari nama domain yang singkat. Semakin pendek sebuah nama akan membuat orang semakin mudah menghafalkannya.
    • Gunakan nama domain dengan ekstensi yang tepat. Kami menyarankan untuk menggunakan nama domain yang global seperti .com kecuali jika Anda sebuah perusahaan yang sudah berbadan hukum bisa menggunakan co.id, atau jika Anda ingin membuat website komunitas bisa memesan or.id atau .org dan lain sebagainya.
    • Jangan menggunakan tanda hubung dan angka. Tanda hubung memang akan memberikan kesan rapi, bagus dilihat namun tidak bagi mereka pengguna karena harus mengetikkan tanda penghubung yang ada disisi lain pada keyboad Anda. Selain itu juga ketika diingat akan sulit karena ada tanda hubungnya.
    • Buat nama domain yang ramah SEO. Coba menggunakan nama domain yang mengandung kata kunci produk, jasa atau lokasi geografis.


    Nama domain sebuah website menjadi sebuah titik masuk ke website Anda. Sangat penting membuat kesan yang baik, menarik serta untuk optimasi mesin pencari (SEO).

  2.  

  3. Beli Hosting yang Aman dan Dukungan Teknis yang Baik 

    Hosting website merupakan salah satu hal yang paling penting selain nama domain. Hosting bisa kita gambarkan sebagai tempat gudang atau menyimpan data pada website Anda. Harga hosting antara Rp20.000 sampai Rp100.000 / bulan sesuai dengan teknologi yang ditawarkan.Berikut Panduan Memilih Paket Hosting yang Baik:
     
    – Biaya

    Biaya hosting bisa menjadi tolak ukur dalam memilih sebuah layanan, apakah harganya sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan atau lebih mahal. Harga yang ditawarkan penyedia hosting di Indonesia bisa dikatakan sejajar.

    Sebagai catatan ketika membeli hosting perhatian harga yang diwarakan apakah ada syarat dan ketentuan berlaku, seperti misalnya sedang promo, atau diskon, cobalah cari tahu harga perpanjangannya juga.
     
    – Performa

    Kemampuan performa sebuah hosting merupakan pertimbangan penting untuk proses pengambilan keputusan. Saat membandingkan kemampuan performa berbagai layanan hosting, perhatikan perangkat keras apa yang akan digunakan penyedia.

    Anda juga perlu mempertimbangkan jenis server yang ingin Anda gunakan untuk website Anda. Apakah Shared, dedicated, atau berbasis cloud. Pilihan Anda akan menentukan kinerja apa yang dapat Anda harapkan dari hosting website Anda.

  4.  

  5. Uptime

    Setelah Anda membuat website, Anda ingin website tersebut aktif dan dapat selalu diakses setiap saat, tetapi tidak ada layanan hosting website yang dapat memastikan kesempurnaan, sehingga sebagian besar penyedia berkomitmen untuk uptime 99,9%.Jika bisnis Anda bersedia mengeluarkan sedikit lebih banyak untuk jaminan uptime ekstra, Anda mungkin dapat menegosiasikan uptime 99,99%. Level apa pun yang Anda setujui, pastikan untuk membuatnya diabadikan dalam SLA (Service Level Agreement).

  6.  

  7. Customer Services / Layanan

    Sementara semua pertimbangan teknis dalam memilih penyedia layanan hosting ini sangat penting terutama untuk proses dukungan pelanggan dan kedalaman hubungan yang dapat dibangun bisnis Anda dengan penyedia hosting merupakan faktor terpenting. Anda dapat mencari yang memiliki dukungan layanan 24 jam dan mudah untuk dihubungi.

  8.  

  9. Keamanan

    Layanan hosting harus memiliki sarana dan sumber daya untuk menawarkan infrastruktur yang aman, lengkap dengan pembaruan terkini dan protokol keamanan aktif yang diperlukan untuk menahan serangan siber. Fitur keamanan, jaminan, dan harapan harus dinegosiasikan sebagai bagian dari SLA.

  10.  

  11. Tampilkan Deskripsi Bisnis Anda dengan Jelas

    Penting sekali untuk memberi tahu pengunjung website siapa Anda dan apa yang Anda tawarkan atau berikan agar mereka tidak merasa bingung ketika mengunjungi website bisnis Anda. Pastikan banner di halaman utama Anda (juga dikenal sebagai gambar yang mewakili bisnis Anda) dan banner berikutnya adalah representasi visual dari layanan Anda, dan juga bahwa Anda memiliki tulisan deskripsi pengantar di dekat bagian atas halaman yang menggambarkan siapa Anda dan apa yang Anda tawarkan.Selain itu, Anda juga perlu pastikan menu navigasi utama dan footer memiliki tautan halaman “Tentang Kami” yang mudah dilihat dan akses sehingga orang dapat mengklik dan membaca lebih lanjut jauh tentang bisnis Anda secara mendalam.

  12.  

  13. Gunakan Sistem Manajemen Konten Terbaik

    Content Management System (CMS) adalah program perangkat lunak atau aplikasi yang digunakan untuk membuat dan mengelola konten secara digital. Sistem Manajemen Konten yang baik akan membantu Anda memelihara situs, dan Anda tidak memerlukan banyak pengetahuan teknis untuk menggunakannya. Anda harus memilih CMS yang dibuat untuk kebutuhan Anda.

     WordPress
      WordPress adalah CMS paling populer di dunia dan memiliki komunitas dukungan aktif yang luas dan banyak plugin yang berguna untuk memperluas fungsionalitas website Anda. WordPress juga gratis dan relatif mudah dipasang. Sebagian besar jasa pembuatan website sudah mengenalnya sehingga tidak sulit untuk menemukan individu atau jasa pengelolaan website yang dapat bekerja di website Anda.

    Saya biasanya merekomendasikan agar usaha kecil / UKM menggunakan WordPress untuk membuat website, karena fleksibilitas dan ekstensibilitasnya. Namun harus dicatat bahwa kelemahan terbesar WordPress adalah keamanan—karena sangat populer, jadi sulit untuk mengamankan setiap plugin pihak ketiga, jadi menjaga keamanan website menggunakan WordPress harus ada komitmen berkelanjutan melalui pembuat website dan Anda (memeriksa untuk melihat apakah plugin Anda telah diperbarui dalam beberapa bulan terakhir, memastikan itu adalah plugin yang disediakan di repository WordPress resmi, segera menghapus plugin yang tidak digunakan, dll.).

    Pilih Platform e-Commerce yang Bagus

    Jika bisnis UKM Anda berencana untuk menjual barang atau jasa melalui website, Anda perlu teknologi yang tepat untuk itu. Apabila saat ini Anda tidak menjual apapun melalui website, atau hanya digunakan untuk media informasi saja, Anda tidak perlu kesini. Jika Anda memutuskan untuk pengguna bertransaksi secara online, Anda harus memilih platform yang tepat untuk model bisnis ini.

    WooCommerce

    WooCommerce adalah salah satu platform e-commerce paling populer di dunia, karena dapat mengubah website WordPress Anda menjadi toko online. WooCommerce juga menawarkan kemampuan dan skalabilitas yang sangat tinggi yang dibutuhkan oleh bisnis kecil Anda.

    Ada banyak tema gratis wordpress yang dibuat untuk WooCommerce. Namun, lebih baik menggunakan tema premium dari pengembang terkemuka karena akan menawarkan keamanan dan dukungan yang lebih baik. Jika Anda tidak paham teknologi, kemungkinan besar Anda memerlukan pengembang WordPress untuk membantu Anda mengaturnya dan Gunakan, Jika Anda memerlukan Jasa pembutan website dengan tema premium silahkan hubungi kami.


    Buat Tampilan Website yang menarik

Pastikan tampilan website bisnis Anda meninggalkan kesan positif yang mendorong hasil. Anda dapat melakukannya dengan menerapkan saran berikut:

  • Gunakan grafik yang indah dan font yang mudah dibaca.
  • Pastikan grafik Anda dikompresi dan dioptimalkan untuk akses website yang cepat. Jika website Anda lambat, mesin pencari seperti Google akan menghukum peringkat Anda.
  • Teliti pesaing Anda untuk melihat bagaimana mereka merancang dan mengoptimalkan websitenya. apakah menerapkan komponen serupa yang akan berfungsi untuk website bisnis Anda.
  • Teliti audiens target Anda untuk melihat apa yang mereka inginkan dari website Anda dan permudah mereka untuk mencapainya.
  • Rancang sistem navigasi mudah dan menarik yang memungkinkan pengguna membuka halaman yang mereka butuhkan dengan cepat.
  • Publikasikan informasi kontak yang mudah dan jelas.
  • Buat ajakan bertindak yang jelas (terutama tombol “beli sekarang”).
  • Buat halaman yang standar untuk website bisnis / usaha kecil, seperti:
    – Beranda
    – Produk/Layanan (dengan deskripsi dan gambar yang menarik secara visual)
    – Tentang kami
    – Hubungi kami
    – Peta Situs / Sitemap (untuk tujuan SEO)
    – Tim manajemen
    – Halaman tambahan yang relevan dengan bisnis kecil spesifik Anda.

 

Buat dan Publikasikan Konten Berkualitas Secara Teratur
Kuantitas konten penting bagi mesin pencari, jadi penting bagi Anda untuk membuat rencana menerbitkan artikel atau posting berkualitas website dan di situs lain dan memberikan tautan ke website Anda. Jika Anda ingin mendapat peringkat tinggi dalam hasil mesin pencari dan mendorong orang untuk kembali ke situs Anda lagi dan lagi, Anda harus memperbarui situs web Anda dengan konten baru dan relevan sesering mungkin.Pastikan konten Anda menggunakan nada merek yang sesuai sehingga orang akan senang membacanya.

Inilah 7 Langkah Hebat Membangun Website UMKM, jika merasa artikel ini bermanfaat silahkan bagikan ke sosial media Anda.