fbpx

Menginstal WordPress di CyberPanel adalah langkah yang bisa mempermudah pengelolaan website Anda. CyberPanel merupakan kontrol panel yang berbasis OpenLiteSpeed, memberikan berbagai fitur canggih yang membantu dalam mengelola server dengan lebih efisien. Panduan berikut akan menjelaskan secara rinci cara instal WordPress di CyberPanel, dimulai dari persiapan hingga selesai. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda akan memiliki website WordPress yang siap digunakan.

Persiapan Awal Instal WordPress di CyberPanel

  1. Server dan Akses SSH

    Sebelum memulai, pastikan Anda memiliki server yang telah terinstal CyberPanel. Anda juga perlu akses SSH ke server tersebut. Jika belum memiliki, Anda bisa mendapatkan server dari penyedia layanan seperti DigitalOcean, Vultr, atau lainnya.

  2. Akun CyberPanel

    Pastikan Anda sudah memiliki akun CyberPanel yang bisa diakses. Jika belum, Anda dapat membuatnya saat pertama kali mengakses IP server Anda melalui browser.

Langkah-Langkah Instalasi WordPress di CyberPanel

  1. Login ke CyberPanel

    Buka browser Anda dan masukkan IP server diikuti oleh port 8090 (misalnya: http://yourserverIP:8090). Masukkan username dan password untuk login.

  2. Buat Website Baru

    Setelah berhasil login, langkah pertama adalah membuat website baru di CyberPanel. Caranya:

    • Klik pada menu “Website” di sidebar kiri.
    • Pilih “Create Website”.
    • Isi detail seperti domain name, email, username, dan password. Pilih juga paket yang tersedia sesuai kebutuhan Anda.
    • Klik “Create Website” untuk menyelesaikan.
  3. Install WordPress

    Setelah website dibuat, langkah berikutnya adalah menginstal WordPress.

    • Kembali ke menu “Website” dan pilih domain yang sudah Anda buat.
    • Klik “Manage” pada domain tersebut.
    • Di halaman pengelolaan, cari bagian “Application Installer” dan pilih “WordPress”.
    • Isi detail instalasi seperti username, password, dan email untuk WordPress. Pastikan Anda mengingat detail ini karena akan digunakan untuk login ke WordPress nanti.
    • Klik “Install Now” untuk memulai proses instalasi.
  4. Konfigurasi DNS

    Agar domain bisa diakses, Anda perlu mengatur DNS. Masuk ke panel DNS dari penyedia domain Anda dan tambahkan A Record yang mengarah ke IP server Anda. Ini memastikan domain Anda bisa diakses melalui internet.

  5. Akses WordPress

    Setelah instalasi selesai, Anda bisa mengakses WordPress melalui domain Anda. Masukkan domain Anda di browser, lalu tambahkan /wp-admin di akhir URL untuk masuk ke halaman login WordPress (misalnya: http://yourdomain.com/wp-admin). Masukkan username dan password yang telah Anda buat sebelumnya.

Pengaturan Awal WordPress

  1. Tema dan Plugin

    Setelah berhasil login, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memilih tema yang sesuai untuk website Anda. Masuk ke menu “Appearance” dan pilih “Themes”. Anda bisa memilih tema gratis atau mengunggah tema premium yang telah dibeli. Selanjutnya, instal plugin yang diperlukan untuk meningkatkan fungsionalitas website Anda. Beberapa plugin yang direkomendasikan antara lain:

    • Yoast SEO: Untuk mengoptimalkan SEO website Anda.
    • WP Super Cache: Untuk mempercepat waktu muat halaman.
    • Contact Form 7: Untuk membuat formulir kontak.
  2. Pengaturan Umum

    Masuk ke menu “Settings” dan lakukan pengaturan umum seperti nama website, tagline, dan format waktu. Pastikan juga untuk mengatur URL website agar menggunakan HTTPS jika Anda telah menginstal SSL.

  3. Buat Konten Awal

    Buat halaman dan postingan awal untuk mengisi konten website Anda. Masuk ke menu “Pages” dan “Posts” untuk menambahkan konten baru. Pastikan konten yang dibuat menarik dan informatif untuk menarik pengunjung.

Mengelola WordPress di CyberPanel

  1. Backup dan Restore

    CyberPanel menyediakan fitur backup dan restore yang memudahkan Anda dalam mengelola backup website. Masuk ke menu “Backup” di CyberPanel dan buat jadwal backup otomatis untuk memastikan data website Anda aman.

  2. Keamanan

    Pastikan website Anda aman dengan mengaktifkan SSL dan plugin keamanan seperti Wordfence. CyberPanel juga menyediakan fitur Firewall yang bisa Anda konfigurasi untuk melindungi server dari serangan.

  3. Optimasi

    Gunakan fitur optimasi yang disediakan oleh CyberPanel seperti LiteSpeed Cache untuk mempercepat waktu muat halaman. Konfigurasikan cache sesuai kebutuhan website Anda untuk mendapatkan performa terbaik.

Kesimpulan

Menginstal WordPress di CyberPanel adalah proses yang cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja, bahkan pemula sekalipun. Dengan mengikuti panduan ini, Anda bisa memiliki website WordPress yang siap digunakan dengan performa optimal. Pastikan untuk selalu melakukan backup secara rutin dan menjaga keamanan website Anda agar tetap berjalan lancar. Selamat mencoba dan semoga sukses dengan website baru Anda!

Silahkan Bagikan